TRAVELLING TO SOLO

Tulisan ini dibuat untuk meramaikan writing event with family yang diadakan oleh Mbak Ari (ini linknya: http://srisariningdiyah.multiply.com/calendar/item/10054/Writing_Event_Traveling_Indonesia_With_Family)

Anak-anak Kejar Paket Ulul Albaab dan para gurunya mengadakan perjalanan ke Solo dan sekitarnya. Obyek yang dituju adalah Pemancingan Jombor, Klaten, Outbond Membatik di Kampung Batik Laweyan Solo, dan Pusat Grosir Solo (PGS). Aku ikut juga meski aku bukan guru tetap di sana (aku hanya guru pengganti pelajaran Bahasa Inggris). Berangkat dari Semarang sekitar Pk. 07.00 naik bus Semeru. Sebelum sampai ke tempat tujuan, mampir ke terminal Boyolali untuk menjemput Pak Joko (guru KP yang menunggu di terminal bus Boyolali. Maklum nih, beliau orang Klaten. Jadi, dia menunggu di sana). Tujuan pertama adalah Rawa Jombor.

Rawa Jombor terletak di Kabupaten Klaten. Perjalanan ke sana melewati area persawahan yang luas dengan padi yang menghijau. Ada banyak restoran apung di sana. Semua restoran terapung di atas Rawa Jombor. Pengunjung sambil menunggu makanan terhidang bisa melihat pemandangan indah Rawa Jombor dari atas bukit. Perjalanan ke atas bukit agak melelahkan tapi sesampainya di sana kita akan bisa melihat pemandangan Rawa Jombor yang lumayan indah. Setelah capai, kita bisa turun dan menggunakan permainan air yang disediakan gratis oleh pemilik restoran. Ada sampan yang akan mengantar kita keliling rawa. Juga ada becak air yang akan membawa kita keliling rawa. Setelah capai, kita bisa menikmati makanan yang telah kita pesan tadi. Ikan bakar dan ikan goreng yang diambil langsung dari Rawa Jombor. Di sini jangan lupa untuk ambil foto. Keren euy.

Tujuan kedua adalah Kampung Batik, Laweyan Solo. Di sana kita belajar membatik. Mulai dari memegang canting hingga menggoreskan canting di atas kain. Nguri-nguri budaya leluhur sambil belajar menjadi sabar. Di tempat ini, pengunjung yang tertarik dengan kain batik bisa membelinya. Model bajunya bagus sekali dengan harga terjangkau. Di Kampung Batik ini ada juga musium batik. Tempatnya kecil tapi bersih. Berbagai macam batik dari berbagai daerah di Indonesia ada di sana. Pengunjung juga bisa membeli batik di sana.

Pusat Grosir Solo adalah tujuan selanjutnya. Di sini pengunjung bisa membeli aneka sandang dengan harga terjangkau. Murah pisan! PGS tutup pk. 17.00.

Dari PGS, ke java expo di karaton Solo. Ya, waktu itu memang ada Java Expo di Kraton Solo. Tempatnya tak jauh dari PGS. Jadi, sayang kalau tidak dikunjungi. Semua departemen di Jawa Tengah menampilkan hasil karyanya. Mulai dari departemen Pertanian dengan alat-alat pertaniannya yang canggih dan mutakhir hingga Depertemen Perindustrian dengan aneka macam produknya.

Dari sinilah timbul kekonyolanku. Karena merasa masih sore, panitia inginnya langsung pulang, aku ulur waktu. Aku pergi ke Masjid Kuno di dekat kraton Solo (namanya lupa). Di sana shalat Magrib. Belum kelar shalat, panitia telepon suruh cepet balik karena bis sudah mau berangkat. Terpaksa deh shalat terburu-buru dan naik becak (supaya cepat sampai) ke tempat dimana bis parkir. Sesampai di sana diceramahin panitia. Hanya bisa diam saja karena memang salah sih.

Advertisements

About sulthanah

Just a woman who have been travelling so far to find her true self. Ketika seseorang sungguh-sungguh menginginkan sesuatu, seluruh semesta akan bersinergi mewujudkan impiannya.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s