(RENUNGAN)PERKENALANKU DENGAN PAULO COELHO

Pertama mengenal penulis Alchemist ini pada tahun 2004 lalu. Tentu saja mengenal dalam tanda kutip alias hanya lewat buku yang ditulisnya. Buku karangannya yang kubaca adalah THE ALCHEMIST. Jujur saja aku tidak begitu paham tentang tulisannya pada saat itu. Aku membaca hanya asal membaca tanpa masuk ke dalam untuk memahami maknanya.

Kemudian aku sign up di twitter. Dalam perjalanan pencarian jati diriku aku follow banyak tokoh terkenal dari berbagai bidang dan salah satunya adalah Paulo Coelho. Aku lupa dari referensi siapa aku bisa follow dia. Yang aku ingat, Choi Si Won, member super Junior (kebetulan aku follow dia juga) mengucapkan selamat ulang tahun kepada Paulo Coelho ketika dia berulangtahun. Alhasil, (mungkin) atas rekomendasi Si Won inilah aku follow dia. Dan… twitnya keren-keren. Dalam tiga bahasa biasanya: Inggris, Spanyol, dan Portugis.

Pada tahun 2013 ini Paulo sering ngetwit tentang buku barunya MANUSCRIPT FOUND IN ACCRA. Twitnya biasanya tentang kutipan dengan kalimat bermakna dari buku tersebut. Aku jatuh cinta. Ya, jatuh cinta pada Manuscript Found in Accra. Aku browsing tentang buku ini di google dan…buku ini menjadi bestseller di berbagai negara. Aku putuskan untuk like page Paulo Coelho di FB dan juga like page Manuscript Found in Accra. Allah akbar. Alhamdulillah. Di sinilah perjalananku bermula. Aku mencari buku ini di toko buku-toko buku di Semarang. Tak kutemukan. Aku hunting di tobuk online, tak kutemukan juga. Cerita punya cerita, versi Bahasa Inggris buku ini launching pada tanggal 2 April 2013. “Pantesan gak kutemukan,” kataku dalam hati.

Aku tahu dia juga menulis banyak buku lainnya. Aku putuskan untuk membeli buku-bukunya yang lain. Aku telepon toko buku Gramedia Java Mall. Aku tanyakan tentang buku-buku karangan Paulo Coelho. “Banyak sekali, Bu, buku tulisannya,” suara customer service di seberang sana menjawab pertanyaanku. “sayangnya, tak satupun ada stoknya.”

Deg! Aku kaget. “Bagaimana kalau Ibu menguhubungi Gramedia Pandanaran?” Sebuah saran yang langsung kulaksanakan pada saat itu juga. Setelah mendapat nomer telepon Gramedia Pandanaran, aku menghubungi sana dan… ada enam buku Paulo Coelho yang masih ada stoknya. Aku buru-buru naik motor ke sana. Dari enam buku itu, aku membeli lima: The Alchemist, Brida, The Pilgrimage, The Witch from Portobelo, and Seperti Sungai yang Mengalir.

Buku yang pertama kali kubaca, tentu saja, The alchemist. Buku yang pernah kubaca pada saat masa mudaku ini ternyata berdampak besar pada masa sekarangku.

Konon kabarnya dalam hidup ini tak ada yang kebetulan. Perjumpaan-perjumpaan yang sungguh bermakna telah direncanakan oleh Semesta. Dan .. aku yakin perjumpaanku dengan buku-buku Paulo Coelho adalah salah satu cara Tuhan untuk mengajariku, Allah uses problems to inspect you, to dierct you, to correct you, to protect you, and to perfect you. Kalimat ini benar, benar sekali. Allah memberiku segudang masalah untuk menyempurnakanku, lewat berbagai cara yang kulakukan untuk memecahkan masalah tersebut dan cara itu membuatku berjumpa dengan Manuscript Found in Accra, berjumpa dengan penulisnya yang telah menulis banyak buku, dan berjumpa dengan The Alchemist yang mengarahkanku untuk menemukan diriku yang sebenarnya.

Akhirnya aku menemukan diriku. Diriku yang sebenarnya. Penemuan ini menyebabkan diriku memurnikan dan mensucikan diri. Islam sudah mengajari bagaimana cara memurnikan diri: biasakan istighfar dan berzakat, bersedekah dengan niatan untuk mensucikan harta dan jiwa. Awalai semuanya dengan sholat taubat. Allah ya, Ghoffar akan mengampuni dosa-dosa kita. Kita pun kembali suci seperti bayi yang baru lahir.

Advertisements

About sulthanah

Just a woman who have been travelling so far to find her true self. Ketika seseorang sungguh-sungguh menginginkan sesuatu, seluruh semesta akan bersinergi mewujudkan impiannya.
This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s