(RENUNGAN) HAL-HAL YANG PALING INDAH ADALAH HAL-HAL YANG SEDERHANA. SAYANGNYA, HANYA ORANG BIJAK YANG BISA MELIHATNYA

Berusan selesai seterika tadi. Entah mengapa pikiran nih tak mau diam saja. Tangan bekerja. Pikiran menjelajah kemana-mana.

“Hal-hal yang paling indah adalah hal-hal yang sederhana. Sayangnya, hanya orang bijak yang bisa melihatnya,” kata Paulo Coelho dalam bukunya The Alchemist.

Jujur sudah lama aku mencari makna kalimat ini. Sempat tanya sama teman-temanku juga apa artinya. Tak ada jawaban yang memuaskan. Sampailah tadi pagi ketika aku menyeterika dan pikiranku mengembara kemana-mana.

Pemahaman akan kalimat tersebut mendatangi pikiranku dengan sendirinya. Dalam perjalanan hidupku selama ini, aku cenderung dibutakan oleh hal-hal keduniawian yang terlihat indah. tapi, nyatanya jauh asap dari api. Pada puncak pencarianku, aku menemukan hal yang membahagiakanku ternyata begitu sederhana. Bukan rumah mewah, mobil mewah, uang banyak, teman-teman yang wah…bukan, bukan itu semua.

Hal yang paling membahagiakanku ternyata sederhana. Hal yang paling indah dalam hidupku ternyata sederhana: aku bisa berjalan menuju keabadian dengan kau di sampingku. Denganmu, seorang teman yang mana aku akan menua bersamamu dan yang paling utama aku bisa merebahkan kepalaku di lenganmu. Sederhana! Simple! Tak muluk-muluk.

Paulo Coelho terimakasih atas novelmu The Alchemist. Banyak kalimat yang tak kupahami tapi begitu kupahami ternyata sederhana sekali dan itu sudah diletakkan di sana dari dulu oleh semesta.

About sulthanah

Just a woman who have been travelling so far to find her true self. Ketika seseorang sungguh-sungguh menginginkan sesuatu, seluruh semesta akan bersinergi mewujudkan impiannya.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

