MENABUNG PROPERTI: MENGGENGGAM MASA DEPAN YANG GEMILANG

Siapa itu Joe Hartanto?

Joe Hartanto adalah seorang entrepreneur dan investor properti yang mengawali kedua profesinya tersebut dari nol. Joe, begitu panggilan akrabnya, sempat berkali-kali jatuh bangun dalam perjalanan hidupnya. Begitu pula halnya ketika memulai investasinya di bidang properti, ia pernah mengalami berbagai kegagalan. Namun, saat ini, ia telah berhasil memiliki portofolio investasi properti yang menghasilkan passive income sehingga memungkinkannya menikmati hidup seperti yang diimpikannya. Ia juga memiliki berbagai divisi usaha yang sukses dan menguntungkan.

Apa itu Prioritas Land Indonesia?

Prioritas Land Indonesia
Prioritas Land Indonesia adalah perusahan pengembang property yang energik dan berwawasan ke depan. Didirikan tahun 2011, kami fokus untuk memberikan keuntungan investasi maksimal kepada investor dan customer kami melalui pengembangan proyek-proyek yang unik dan menguntungkan.
Kami mencapai hal ini melalui proses seleksi tanah yang ketat dan kemudian menyusun suatu konsep yang unik untuk setiap lokasi yang terpilih. Kami memiliki tim ahli strategi dan negosiasi dengan tugas utama untuk mencari dan mendapatkan property dengan lokasi terbaik di kota-kota besar di Indonesia. Kami juga memiliki tim kreatif yang menganalisa dan menformulasikan pemanfaatan terbaik untuk suatu property yang kami akuisisi. Kami terus mencari tanah-tanah kosong yang prospektif untuk dikembangkan.

Lalu, apa HUBUNGAN antara Joe Hartanto dengan Prioritas Land Indonesia?
Mereka tidak mempunyai hubungan darah sebenarnya. Meski begitu, hubungan mereka sangat erat sekali. Bukan hubungan persaudaraan atau semacamnya apalagi hubungan percintaan, BIG NO, no, no. Tapi, hubungan yang tak sengaja terjalin karena apa yang mereka ucapkan. Seperti diagram venn. Ada banyak anggota himpunan di dalam mereka masing-masing tapi antara Joe Hartanto dan Prioritas Land Indonesia mempunya satu himpunan yang sama: tabungan properti.

Joe Hartanto dalam salah satu seminarnya mengatakan bahwa tabungan terbaik adalah properti. Sedangkan Prioritas Land Indonesia mencanangkan gerakan menabung properti. What a coincidence! Sebuah kebetulan? Menurutku tidak.
Tabungan Properti vs Tabungan Konvensional

Tabungan Properti

Dulu sebelum aku mengenal secara mendalam tentang investasi dan instrumennya, aku menyisihkan uangku di tabungan. Setelah mengumpul lumayan banyak, orang tuaku menyarankan agar aku membeli tanah. Alasannya: harga tanah tidak pernah jatuh. Aku pun menuruti nasihat tersebut. Sekarang aku sudah mempunyai dua petak tanah. Petak pertama berupa sawah aku beli pada tahun 2002 seharga 8 juta. Tanah itu tak pernah kugarap sendiri tapi aku sewakan seharga 1 juta/tahun. Sekarang harga tanah itu sudah mencapai 40-60 juta. Petak kedua kubeli seharga 35 juta. Sayangnya, belum kumanfaatkan sama sekali sehingga menghasilkan. Namun, karena letaknya yang strategis, harga tanah itu ditaksir mencapai 150 juta.

Ternyata, apa yang kulakukan ini sejalan dengan apa yang dikatakan Joe Hartanto. Properti mempunyai dua keuntungan sekaligus yang tidak dimiliki oleh sarana investasi atau tabungan lainnya, yaitu properti memiliki capital gain sekaligus juga cash flow.

Capital gain adalah keuntungan atau selisih kenaikan dari nilai investasi awal dengan nilai investasi akhir.Misalnya anda membeli sebuah property seharga 1 Milyar dua tahun yang lalu dan saat ini nilai properti tersebut sudah menjadi 1,5 Milyar, artinya ada kenaikan nilai atau potensi keuntungan sebesar 500 juta atau 50% selama 2 tahun. Itulah yang dimaksud dengan capital gain.

Capital gain

Cashflow adalah arus kas, atau penghasilan dari investasi yang kita lakukan. Dalam hal properti, cashflow bisa berupa uang sewa atau penghasilan dari properti tersebut. Jika kita memiliki sebuah properti, kemudian properti tersebut kita sewakan, kontrakkan, dibuat jadi kost, tempat parkir umum, jadikan bisnis diatasnya, atau apapun bentuknya, yang pasti properti tersebut dibuat untuk bekerja menghasilkan penghasilan atau cashflow.

cashflow

Tabungan Konvensional
Orang menabung di bank faktor utamanya karena keamanan: uang kembali utuh, bisa diambil kapan saja, dan sewaktu-waktu uang bisa diambil. Selain itu, dengan menabung di bank kita juga akan mendapat bunga atau bagi hasil (jika kita menabung di bank syariah)

Sebagai contoh, tentu saja uang yang kupunyai pada tahun 2002 sebesar 8 juta. Jika uang itu kutabung atau kumasukkan ke deposito berapa hasil yang kudapat?
Jika bunga bank rata-rata per tahun 8 persen, maka akan didapat angka berikut ini: 8% x 8.000.000 x 11 tahun = 7. 040.000.

Selama 11 tahun, hanya ada tambahan 7.040.000. Hal ini sangat jauh hasilnya dari hasil pembelian tanah di atas. Selama 11 tahun saja aku mendapat 11 juta dari hasil sewa tanah.

Belum lagi,kita lupa bahwa ada faktor lain yang dapat membuat nilai tabungan kita menjadi susut nilainya yaitu inflasi. Coba bayangkan bila Anda menabung Rp100 juta sekarang dengan tingkat inflasi 8 % seperti tahun lalu maka nilai uang Anda dalam 5 tahun menyusut sebesar 45 % atau tinggal Rp55 juta rupiah.

Yang Mana yang Lebih Menguntungkan?

Berdasarkan yang dikatakan Joe Hartanto bisa disimpulkan bahwa tabungan properti adalah tabungan yang terbaik karena menurut Joe Hartanto, tabungan terbaik adalah tabungan yang bisa menghasilkan cashflow sekaligus juga capital gain sebagai bonusnya!

Jadi, sekarang Anda mulai berpikir untuk mengalihkan tabungan Anda ke tabungan properti? Baca penjelasan lebih lanjut berikut ini:

Lebih lanjut tentang Gerakan Menabung Properti yang Digagas oleh Prioritas Land Indonesia

Gerakan Menabung Properti digagas PT PLI untuk mengedukasi masyarakat
tentang bagaimana cara menyimpan dana yang cerdas dan bijak agar nilai
tabungannya tidak berkurang, justru bertambah meski terjadi inflasi

Selama ini masyarakat pada umumnya diajarkan untuk berhemat
dan menabungkan sebagian dana yang mereka miliki secara konvensional yang
berarti dengan menyimpan uang di celengan atau di dalam rekening bank.

Victor Irawan, komisaris Prioritas Land Indonesia, mengatakan Gerakan Menabung Properti ini bukan hanya sebuah gerakan, tetapi kami menyediakan fasilitasnya, yaitu K2 Park, apartemen mewah di Gading Serpong. Melalui proyek superblok K2 Park ini kami hendak mengajak masyakarakat supaya mulai menabung dan berinvestasi dengan lebih bijak, karena jika tidak bijak, dana yang disimpan bukannya bertambah, tetapi malah berkurang lantaran inflasi.

Yang ditawarkan Prioritas Land Indonesia adalah konsumen atau masyarakat cukup menabungkan uang sebesar Rp6 juta per bulan, maka uang akan aman dari inflasi. Selain itu, dengan membeli apartemen K2 Park, konsumen juga diberi kesempatan untuk memiliki sebuah rumah secara gratis.

Sebelum mengembangkan K2 Park, Prioritas Land Indonesia mengembangkan beberapa kawasan. Konsumen bisa memilih menabung properti di daerah yang diinginkannya.

1. Majestic Poin Serpong Apartmen,
Majestic Point Apartment Serpong diluncurkan pada bulan September 2012. Terdiri dari dua menara dengan total 702 unit dan 2 level area komersial. Proyek ini akan menjadi landmark terbaru di Gading Serpong.

2. Majestic Water Village,
Majestic Point Villa Bali diluncurkan pada bulan Agustus 20111 dan ditargetkan selesai pada akhir 2012. Majestic Poin Villas Bali adalah perhiasan di sebelah selatan Bali dengan pemandangan Teluk Benoa.

Majestic Point Villas Bali mempunyai site plan yang unik yang dirancang bisa memberikan pengalaman penuh tentang Bali itu sendiri. Dengan gerbang keamanan yang mengelilingi kompleks vila ini akan memberikan seratus persen kedamaian pikiran sambil menikmati pemandangan sekitar yang penuh flora tropis dan aneka bunga.Para arsitek vila ini berusaha memeluk

3. Indigo Bekasi
Apartment Indigo Bekasi terletak di daerah yang sangat strategis. dilalui jalan tol jakarta-cikampek, dengan 4 gerbang tol akses ke kota bekasi, yaitu pondok gede barat, pondok gede timur, bekasi barat, bekasi timur serta jalan tol lingkar luar jakarta diantaranya: Jatiwarna, Jati Asih, Kalimalang dan Bintara.

Apartemen ini juga didesain arsitek ternama yang sudah mendesaiin puluhan high rise apartement, hotel, office, mall dan multiuse develepment.

Indigo Bekasi juga menawarkanvalue return sebesar 70 % sampai dengan 100% dalam jangka waktu empat tahun. Bandingkan dengan investasi di bidang lain seperti emas, saham, valas, dll. *lebih jelas tentang tabungan properti baca paparan di atas ya.

Selain itu cara pembayaran yang baik, mudah, ringan bagi para customer.
1. Tanpa DP, Angsuran 60x Angsuran Mulai Rp 9 Juta-an

2. Libur Bayar, DP 50%, Sisa di Tahun ke 4 DP Rp 200 Juta-an

3. Angsuran Ringan, DP 50% Sisa diangsur 36x DP Rp 200 Juta-an, Angsuran RP 5 Juta-an

4. DP Ringan, DP 30% Sisa diangsur 24x DP Rp 110 Juta-an, Angsuran Rp 10 Juta-an

5. Tunai, Hanya Rp 290 Juta-an

Jadi, Apakah Anda ingin uang Anda tidak habis tergerus inflasi?

Apakah Anda ingin menghasilkan cashflow atau penghasilan selama tahun anda pegang sekaligus juga menghasilkan capital gain sebagai bonusnya?

Jika jawaban Anda iya sebagai jawaban pertanyaan di atas, sudah waktunya Anda mengalihkan uang Anda dari tabungan konvensional ke tabungan properti. Menabung prorperti adalah cara menabung yang terbaik karena dia menghasilkan cashflow sekaligus capital gain.

Alternatif yang saya tulis di atas bisa dijadikan pilihan sebagai tabungan property Anda. Hmmm…Optimal Return,  right? Let’s grab fast!

Info lomba menulis ini ada di sini.

Sumber:
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2014/02/04/2/213155/-Menabung-Properti-Tetap-Menguntungkan-di-Tengah-Inflasi

http://www.tribunnews.com/bisnis/2014/02/04/prioritas-land-indonesia-ajak-masyarakat-menabung-properti

http://www.rumahku.com/berita/read/prioritas-land-ajak-masyarakat-menabung-properti-406956

http://www.rumah.com/berita-properti/2014/2/6665/pengembang-superblok-ini-ajak-masyarakat-menabung-

http://www.tribunnews.com/bisnis/2014/01/26/apartemen-superblok-k2-park-di-gading-serpong-dibanderol-mulai-rp-350-juta

http://www.metrotvnews.com/lifestyle/read/2013/07/10/917/167141/Tahukah-Anda-Beda-Tabungan-dan-Investasi

http://finance.detik.com/read/2013/07/18/134456/2306932/479/

http://prioritaslandindonesia.com/?com=majestic_pv&lng=id

http://prioritaslandindonesia.com/?com=majestic_ap&lng=en

http://republika.rumah123.com/detil-berita-properti/16812

http://propertycashmachine.com/articles/tabungan-terbaik-di-dunia/

http://www.gramediapustakautama.com/penulis-detail/36899/Joe-Hartanto

Advertisements

About sulthanah

Just a woman who have been travelling so far to find her true self. Ketika seseorang sungguh-sungguh menginginkan sesuatu, seluruh semesta akan bersinergi mewujudkan impiannya.
This entry was posted in Menabung Properti, Menabung Properti vs Menabung Konvensional, Prioritas Land Indonesia. Bookmark the permalink.

4 Responses to MENABUNG PROPERTI: MENGGENGGAM MASA DEPAN YANG GEMILANG

  1. Pingback: (GAGASAN) PERENCANAAN KEUANGAN | MY SPIRITUAL JOURNEY

  2. bagus mbak ulasannya, cuma agak teoritis 🙂

  3. Pingback: (GAGASAN) DPLK | MY SPIRITUAL JOURNEY

  4. Pingback: THE SYMPHONY OF LIVING: K 2 PARK | THE KING 2 HEARTS AND THE HSDS 1986 LOVER, BLOGGER, BACKPACKER, MOSLEMAH TRAVELLER, SHORT STORIES FOR CHILDREN WRITER, TEACHER, AND A HOUSEWIFE DREAMER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s