FISTULA ANI 2

Ciri-ciri penyakit ini: bisul hilang dan tumbuh di tempat yang sama (di sekitar anus)
Diagnosa: Kalau dokter bilang harus operasi, segera lakukan operasi. Karena semakin lama oeprasi akan mengakibatkan lubang semakin dalam. alhasil sakit yang diderita akan semakin lama.
Perawatan pasca operasi:
1. harus diberi tampon di lubang bekas nanah. Tampon berupa kasa betadin.
2. Untuk mengganti tampon, tampon yang lama harus diambil terlebih dahulu. siapkan air panas. Campur dengan air dingin. Masukkan soda bath. aduk hingga rata. Rendam tubuh yang sakit ke dalam baskom yang berisi campuran air panas+dingin+soda bath. ambil kasa lama pada saat bagian tubuh yang luka direndam di baskom (sangat mengurangi sakit kalau dengan cara yang biasa.
3. Minum ponstan/pain killer. Bersihkan luka dengan NaCl (7 hari pasca operasi, biarkan perawat yang melakukannya) Guna ponstan/pain killer untuk mengurangi rasa perih ketika kasa yang dibasahi larutan NaCl membersihkan luka yang masih baru. tujuh hari yang sangat menyiksa tapi pekan kedua pasca operasi, jaringan sudah mulai tumbuh dan kulit terasa tebal jadi tidak terlalu sakit lagi.

sesama mantan penderita fistula ani, yuk buat group di FB. Untuk saling membantu dan menguatkan penderita baru.

About sulthanah

Just a woman who have been travelling so far to find her true self. Ketika seseorang sungguh-sungguh menginginkan sesuatu, seluruh semesta akan bersinergi mewujudkan impiannya.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to FISTULA ANI 2

  1. erwin says:

    Sy jg baru melakukan operasi fistula sebulan lalu, karena lantaran luka operasi tidak sekedar lorong pada track fistula, tapi juga terdapat luka menganga sepanjang sekitar 5-6cm, dipantat kanan, yang berhubungan dgn track fistula.
    Hingga detik ini, luka msh basah, namun daging disekitar luka yang tadinya mengeras, skrg sudah normal, namun cairan msh saja ada, dan apabila maaf “buang angin” msh keluar dr lobang fistula dkt anus, bukan bukaan luka yang menganga,

    Setiap hari, sehari 2 kali, sy berendam dgn cairan anti septik, dettol, sempat menggunakan PK, dan larutan garam, dan skrg. Diolesi salep,

    Sbg penderita yang sudah lebih dulu sembuh, adakah masukan baik, agar daging pada luka menganga cepat tumbuh, dan saluran fistula bekas operasi cepat menutup,
    Mengingat sy punya gejala gula darah.

    Mohon infromasinya

  2. Yozi rahmi says:

    Bbrp bulan yg lalu sy hbs operasi abses….ga thnya skrng malah jadi fistula ani…..mgkn krn krg istrht stlh operasi abses 2 bln yang lalu…..baru bbrp hari ini operasi lg kt dokter fistula gt perawatan jg dgn ganti tampon tp cm sekali sehari….

Leave a comment