(KUTIPAN) THE ALCHEMIST BY PAULO COELHO

Hampir semua tulisannya dalam buku ini menurutku adalah tulisan yang sangat indah, yang layak dijadikan kutipan.

Yang membuat hidup ini menarik adalah kemungkinan untuk mewujudkan impian menjadi kenyataan. (2012: 17)

Dalam hidup ini, justru hal-hal sederhanalah yang paling luar biasa; hanya orang bijak yang dapat memahaminya. (2012: 22)

Kalau kita bergaul dengan orang yang sama setiap hari, seperti yang dialaminya di seminari, pada akhirnya kita menjadi bagian hidup orang itu. Lalu kita ingin orang itu berubah. Kalau orang itu tidak dikehendaki orang-orang lain, maka orang-orang lain ini menjadi marah. Orang selalu tampaknya merasa lebih tahu, bagaimana orang lain seharusnya menjalani hidup, tapi mereka tidak tahu bagaimana seharusnya menjalani hidup mereka sendiri (2012: 23)

Dalam buku ini digambarkan ketidakmampuan orang memilih takdir mereka sendiri. Dan pada akhirnya dikatakan bahwa setiap orang percaya akan dusta terbesar di dunia.

Apakah gerangan dusta terbesar itu?

Beginilah dusta terbesar itu: bahwa pada satu titik hidup kita, kita kehilangan kendali atas apa yang terjadi pada kita, dan hidup kita jadi dikendalikan oleh nasib. Demikianlah dusta terbesar itu. (2012: 26)

Takdir adalah apa yang selalu ingin kau capai. Semua orang, ketika masih muda, tahu takdir mereka. Pada titik kehidupan ini segalanya jelas, segalanya mungkin. Mereka tidak takut bermimpi, mendambakan segala yang mereka inginkan terwujud dalam hidup mereka.

Dengan berlalunya waktu, ada daya misterius yang mulai meyakinkan mereka bahwa mustahil mereka bisa mewujudkan takdir tersebut.

Daya ini adalah kekuatan yang kelihatannya negatif, tapi sebenranya menunjukkan padamu cara mewujudkan takdirmu. Daya ini mempersiapkan rohmu dan kehendakmu, sebab ada satu kebenaran mahabesar di planet ini: SIAPAPUN DIRIMU, APAPUN YANG KAU LAKUKAN, KALAU ENGKAU SUNGGUNG-SUNGGUH MENGINGINKAN SESUATU, ITU KARENA HASRAT TERSEBUT BERSUMBER DARI JIWA JAGAT RAYA. (2012: 30)

Dan saat engkau menginginkan sesuatu, seluruh jagat raya bersatu padu untuk membantumu meraihnya (2012: 31)

Baginya setiap hari sama saja, dan kalau setiap hari terasa sama saja, itu karena orang-orang tidak menyadari hal-hal indah yang terjadi dalam hidup mereka setiap hari, seiring terbitnya matahari (2012: 37)

Supaya menemukan harta karun itu, kau harus mengikuti PERTANDA_PERTANDA yang diberikan. Tuhan telah menyiapkan jalan yang mesti dilalui masing-masing orang. Kau tinggal membaca pertanda-pertanda yang ditinggalkanNYA untukmu (2012: 39-40)

Jangan lupa, segala sesuatu yang kau hadapi pusatnya hanya satu. Jangan lupakan juga bahasa pertanda-pertanda. namun yang paling utama, jangan lupa mengikuti sampai pada akhirnya. (2012: 41)

Rahasia kebahagiaan adalah menikmati segala hal menakjubkan di dunia ini tanpa pernah melupakan tujuan dan misi dalam hidupmu (2012: 43)

Kalau Tuhan membimbing domba-domba dengan begitu baik, tentunya Dia juga akan membimbing manusia (2012: 47)

Bahwa kalau kau sungguh-sungguh menginginkan sesuat, seisi jagad raya pasti akan bersatu padu membantumu (2012: 49)

 

“Aku akan pergi jauh,” katanya. “Dan aku ingin kau tahu, aku akan kembali. Aku mencintaimu, sebab…”
“Jangan katakan apapun,” sela Fatima. “Orang dicintai karena dia memang dicintai. Tak perlu ada alasan untuk mencintai
Akan tetapi anak itu melanjutkan, “Aku dulu bermimpi, dan aku bertemu seorang raja. Aku menjadi penjual kristal dan menyebrangi padang pasir. Dan karena ada perang antarsuku, aku pergi ke sumur, mencari sang alkemis. Jadi aku mencintaimu karena seisi jagat raya ini bekerja sama membuatku menemukanmu

 

Advertisements

About sulthanah

Just a woman who have been travelling so far to find her true self. Ketika seseorang sungguh-sungguh menginginkan sesuatu, seluruh semesta akan bersinergi mewujudkan impiannya.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s